Tuesday, January 15, 2013

Nutrisi Tepat untuk sang Buah Hati

Anak adalah anugrah. Bagaimanapun, mereka adalah titipan. Saya termasuk salah satu yang mengharapkan kehadiran mereka segera (tentu setelah saya menikah nanti. aminn). Namun selalu muncul fikiran-fikiran seperti, mampukah saya menjadi ibu yang baik? Mampukah saya memenuhi kebutuhan anak-anak saya kelak? Mampukah saya menjadikan mereka anak-anak yang tak hanya siap menghadapi dunia tapi juga menjadi salah satu pemimpinnya? Sanggupkah? Karena anak-anak sekarang semakin pintar. Daya ingat mereka kuat, kemampuan mereka berbicarapun sekarang sudah sangat bagus. Kosa kata mereka semakin banyak. Tentu itu menjadikan persaingan yang ada semakin ketat. Pengaruh apakah itu? ASI? Makanan? Atau lingkungan?

Hmm .. Setelah saya baca-baca beberapa artikel, saya menyimpulkan, pertumbuhan yang baik adalah pertumbuhan yang didukung dengan nutrisi yang optimal, sehingga metabolisme berjalan dengan maksimal. Serta lingkungan yang positif, sportif, dan suportif. Optimal berarti, bertubuh sehat dan proporsional, serta memiliki otak yang cerdas. Bukankah itu impian orang tua pada umumnya? :)

Diambil dari berbagai sumber, makanan yang banyak direkomendasikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak dan tubuh adalah:
1. Susu, yogurt, dan produk dari susu - kaya akan protein, vitamin D dan vitamin B yang berperan penting dalam pertumbuhan jaringan otak, neurotransmitter dan enzim..
2. Telur - Telur merupakan sumber protein. Kuning telur juga mengandung Kolin yang bagus dalam membangun perkembangan otak.
3. Ikan (terutama salmon) - Salmon merupakan sumber terbaik asam lemak omega 3 yang penting untuk fungsi dan pertumbuhan otak anak
4. Selai Kacang - Kaya akan vitamin E dan antioksidan yang dapat melindungi membran sel-sel otak.
5. Sayuran berwarna - Tomat, wortel, bayam atau labu adalah makanan yang kaya antioksidan. Sayuran ini mampu mempertahankan kekuatan dan kesehatan membran sel. Beberapa sayuran juga memiliki manfaat mencegah kanker.
6. Oat / oatmeal - Merupakan sumber yang baik untuk vitamin E, B, potassium, dan zinc yang membantu tubuh dan otak untuk bekerja secara optimal.
7. Buah beri - stroberi, rapsberry, blueberry, dan semacamnya kaya akan antioksidan vitamin C. Beri juga dapat memperbaiki daya ingat.
8. Kacang Hijau - Mengandung nutrisi yang lengkap seperti protein, karbohidrat kompleks, vitamin C, asam folat, zat besi, zinc, potassium, magnesium, tembaga, mangan, fosfor, dan thiamin yang penting bagi tubuh dan perkembangan otak.

Dan selagi saya mencari-cari informasi tentang nutrisi anak, saya juga menemukan pembahasan tentang Enfagrow A+ yang mengandung Formula Enfa A+. Apa itu Formula Enfa A+? Jadi, Formula Enfa A+ adalah komposisi unik dari Kolin, Prebiotik Fos & Gos, Antioksidan Vitamin C & E. Maka, dapat disimpulkan bahwa Formula Enfa A+ ini dapat membantu kita untuk memenuhi kebutuhan otak dan tubuh sang buah hati. Lalu apa Prebiotik Fos & Gos itu? Fos (Frukto-oligosakarida) dan Gos (Galakto-oligosakarida) adalah prebiotik baik atau ingredien pangan yang tidak dapat dicerna, namun sangat membantu dalam membantu pertumbuhan bakteri baik yang akan membantu proses pencernaan serta memperkuat daya tahan tubuh secara alami.

Jadi, sekarang sudah ada pencerahan dalam pemberian nutrisi untuk sang buah hati kan? :)

No comments: